Senin, 23 Oktober 2023

Orientasi Pengelola Rumah Data Kependudukan Upaya Penyediaan Data Keluarga

Fasilitasi Pengumpulan dan Updating Data di Rumah Data Kependudukan

Bengkulu,-Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kapabilitas pengelola rumah data kependudukan di kampung keluarga berkualitas dilaksanakan fasilitasi pengumpulan dan updating data kependudukan yang diperuntukkan bagi kader rumah data kependudukan. Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Bengkulu menggelar orientasi pengelola rumah data kependudukan sebagai upaya penyediaan data keluarga yang valid by name by address guna memenuhi isu-isu strategis pemenuhan kebutuhan data yang menjadi basis perencanaan pembangunan kependudukan.

Hal itu menindaklanjuti Instruksi Presiden Nomor 3 tahun 2022 Tentang Optimalisasi Penyelenggaran Kampung Keluarga Berkualitas. Atas hal tersebut, maka pemerintah daerah memiliki sasaran dalam penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas, kata Sekretaris Perwakilan BKKBN Bengkulu Nesianto saat membuka Orientasi Pengelola Rumah Data Kependudukan bagi kader RDK Kampung KB di Bengkulu, Senin,23/10/23.

Dikatakan Nesianto, terdapat empat sasaran dalam penyelenggaraan kampung KB yakni, penyediaan data keluarga dan dokumen kependudukan, perubahan perilaku keluarga, peningkatan cakupan layanan dan rujukan keluarga dan penataan lingkungan keluarga. Inpres tersebut merubah struktur dan pengelolaan  pokja kampung KB dengan delapan fungsi keluarga, katanya. 

Rumah Data Kependudukan adalah rumah/tempat yang difungsikan sebagai pusat data dan intervensi permasalahan kependudukan yang mencakup sistem pengelolaan dan pemanfaatan data kependudukan di tingkat mikro, mulai dari mengidentifikasi, mengumpulkan, menverifikasi hingga menganalisis data.

Pada orientasi tersebut melibatkan peserta sebanyak 40 orang dari unsur kader RDK kabupaten dan kota di Provinsi Bengkulu serta mitra kerja yang berasal dari unsur BPS dan PMD sebagai pembicara dalam orientasi tersebut. Dari orientasi ini diharapkan kader rumah dataku di tingkat desa dapat menyajikan data yang akurat sebagai dasar peenentuan kebijakan seluruh stakeholder pengambil kebijakan baik itu pemerintah kabupaten hingga pemerintah desa.

Sekretaris Perwakilan BKKBN Bengkulu, Nesianto, S.E., M.M. saat membuka Orientasi Pengelola Rumah Data Kependudukan bagi kader RDK Kampung KB di Bengkulu, Senin,23/10/23.

Pendekatan pembangunan di tingkat desa dan kelurahan harus dilakukan secara terintegrasi dan konvergen dalam penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga. Program dan kegiatan kampung keluarga berkualitas mencakup lintas sektor/bidang, ujar Nesianto.

Program dan kegiatan kampung KB yang mencakup lintas sektor adalah penyediaan data kependudukan dan perluasan cakupan adminitrasi  kependudukan, penguatan advokasi dalam gerakan masyarakat hidup sehat (germas) dan komunikasi perubahan perilaku masyarakat serta peningkatan akses dan pelayanan kesehatan termasuk keluarga berencana dan kesehatan reproduksi yang bersumber daya masyarakat. Dan, pendampingan dan pelayanan pada keluarga dengan risiko kejadian stunting hingga peningkatan cakupan dan akses pendidikan. Selain itu terdapat peran peningkatan cakupan layanan jaminan dan perlindungan sosial pada keluarga dan masyarakat miskin serta rentan, pemberdayaan ekonomi keluarga serta penataan lingkungan keluarga dan peningkatan akses air minum serta sanitasi dasar. 

Rumah data kependudukan merupakan salah satu atribut yang harus ada di kampung  keluarga berkualitas. Pelaksanaan dan keberadaan rumah data kependudukan termasuk dalam 77 indikator output kinerja optimalisasi penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas yang akan dipantau oleh kemendagri dan Kemenko PMK. Oleh karena itu rumah data kependudukan (RDK) alias rumah dataku di kampung KB harus segera diupayakan untuk dibentuk dan diregistrasi pada Aplikasi NEW SIGA. 

Dalam perencanaan pembangunan di desa dan kelurahan diperlukan data dan informasi yang terkini, terpercaya dan tepat waktu sesuai dengan kebutuhan. Ketersediaan data dan informasi yang handal menjadi salah satu indikator keberhasilan dalam  melakukan  perencanaan  untuk membangun desa /kelurahan. 

Data dan informasi yang berkualitas menjadi sangat penting tidak hanya untuk perencanaan pembangunan tetapi juga menjadi dasar pengambilan keputusan maupun kebijakan di desa/kelurahan untuk memecahkan berbagai permasalahan yang ada sehingga tujuan pembangunan, yaitu untuk meningkatkan kualitas dan meningkatkan kesejahteraan penduduk dapat tercapai. Pemanfaatan data di tingkat desa/kelurahan tersebut dapat dimanfaatkan untuk perencanaan, intervensi, dan penelitian, kata Sekretaris BKKBN Bengkulu.


Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat sadar dan melek akan data karena secara mandiri dan mampu melakukan proses pengumpulan data, menganalisa, sampai memanfaatkannya untuk kepentingan pembangunan masyarakat di desa dan kelurahan.(irs)


Penulis : Idris Chalik

Editor : Rofadhila Azda, S.Ikom., M.A

Rilis : 23 Oktober 2023

Tidak ada komentar:

Posting Komentar